Skip to main content

Cara Membuat Posting Artikel Disukai Google

Masih mendasarkan pembuatan artikel berdasarkan pedoman SEO secara kaku? Misalnya dengan mengikuti aturan keyword density (kerapatan keyword) pada tulisan yang Anda buat, atau beberapa aturan SEO lainnya.

Jika sampai saat ini Anda masih membuat artikel di blog dengan cara seperti itu, ada baiknya Anda membaca tulisan ini sampai habis.

Di sini Saya akan menjelaskan beberapa hal baru yang sebenarnya bukan baru lagi, namun ternyata masih banyak blogger yang salah mengira jika mereka menulis sebuah artikel menurut text book SEO secara kaku, maka posting akan dengan mudah dan cepat bertengger di halaman pertama dan bisa menduduki ranking teratas.


Apakah ini salah, tentu saja tidak. Hal ini bisa saja terjadi postingan Anda berada di peringkat pertama pencarian dengan keyword yang anda target. Tapi untuk pertanyaan selanjutnya, apakah artikel Anda akan bertahan lama di situ? Terbukti banyak yang berguguran.

Lantas bagaimana cara membuat artikel kita bisa menduduki peringkat atas di page one Google, atau dengan pertanyaan lain, bagaimana caranya agar artikel disukai oleh Google, sehingga bisa terus-menerus berada di peringkat atas pencarian, atau tidak mudah tergusur?
membuat artikel disukai google

Tulisan berikut ini mudah-mudahan bisa sedikit memberikan 'pencerahan'.

Konsep SEO Google Terbaru 

Di awal 2016, Google menerapkan konsep SEO yang cukup baru. Mesin pencari nomor satu ini mendasarkan konsep SEO nya mencoba dikembalikan lagi kepada penggunanya.

Berdasarkan berbagai riset yang sudah banyak mereka lakukan, aktifitas pengguna yang meliputi perilaku dalam memanfaatkan mesin pencarinya, menjadi acuan utama dari hasil riset yang mereka lakukan.

Artikel Fokus SEO Google yang terbaru ini bisa Anda baca lebih dulu sehingga bisa menjelaskan dengan lebih rinci mengenai konsep SEO Google terbaru ini. Hal ini harus diketahui dan dipahami lebih dulu sebelum Anda mulai membuat konten blog yang dalam hal ini adalah artikel blog.

Nah, berikut ini adalah kriteria penting yang harus dipenuhi oleh sebuah artikel atau posting di sebuah blog agar disukai oleh Google.

# Letakkan kata kunci di judul posting
Menaruh kata kunci pada judul posting merupakan sebuah keharusan dari sebuah artikel.

Search engine ketika melakukan crawling sebuah artikel, maka yang pertama kali di rambati adalah judulnya. Dengan menaruh kata kunci pada judul posting, maka setidaknya robot peramban sudah menangkap kerangka besar tulisan yang akan anda buat melalui kata kunci utama di judul tersebut.

# Pastikan kata kunci juga ada di URL

Hampir sama dengan poin judul di atas, kata kunci yang dimasukkan pada url posting juga termasuk yang pertama terbaca oleh robot peramban Google.

Sebaiknya Anda tidak lupa memasukkan kata kunci utama artikel ke dalam url (permalink) post yang Anda buat.

# Masukkan kata kunci di meta description.
Meskipun ini tidak harus, namun karena meta deskripsi merupakan bagian yang juga ikut dirayapi oleh Google, maka menaruh kata kunci di bagian ini sangat strategis juga.

Dampak positif lainnya dengan meletakkan kata kunci pada meta deskripsi adalah bisa meningkatkan CTR atau rasio klik tayang halaman Anda.

# Jangan terpaku dengan keyword density (kerapatan kata kunci)

Jika pada konsep SEO sebelum-sebelumnya selalu ditekankan mengenai kerapatan kata kunci yang harus ada pada tulisan, saat ini Anda bisa mengabaikannnya.

Google lebih menyukai tulisan yang natural, menarik, memiliki ulasan yang mendetail, dan tentu saja artikel yang disukai oleh pembaca itulah yang juga disukai oleh Google.

Karena Google mendasarkan pada perlaku penggunannya, maka tentu Anda seharusnya mulai sekarang menulis untuk pembaca manusia, bukan berfokus pada robot peramban Google.

Tulisan lebih dari 600 kata lebih disukai oleh Google. Asumsinya, tulisan yang lebih panjang seharusnya dan biasanya memiliki bahasan yang lebih mendetail dan bermutu, meskipun tidak semuanya seperti itu.

# Memasang gambar yang relevan

Lengkapi artikel anda dengan gambar yang relevan dengan topik tulisan Anda.
Jangan lupa memasang tag untuk gambar, agar gambar tetap terbaca oleh robot. Dan jangan lupa untuk tidak memasang gambar yang memiliki hak cipta tanpa ijin.

# Memasang Video yang relevan

Menambahkan video pada sebuah artikel, terbukti cukup ampuh untuk mendorong pembaca berkunjung ke halaman artikel Anda, tentu saja Google juga sangat menyukai hal ini.

Sekali lagi, jangan sampai memasang video yang memiliki hak cipta tanpa ijin.

# Memasang Internal Link

Pemasangan internal link pada sebuah artikel, terbukti cukup membantu pembaca dan juga Google untuk lebih mengenal konten blog kita. Tentu saja internal link yang terpasang haruslah yang relevan dengan pokok bahasan di artikel tersebut.

# Memasang Eksternal Link

Pemasangan  eksternal link yang tepat sangat memberi nilai tambah pada blog kita, asal tepat saja cara memasangnya, seperti berikut ini:
  • Memasang link ke website otoritas, seperti wikipedia dll.
  • Jangan lupa berikan atribut nofollow link.
  • Jangan memakai kata kunci target pada link eksternal tersebut.
  • Link eksternal harus relevan dengan bahasan di artikel tersebut.
Kesimpulannya, dari uraian tulisan di atas, untuk membuat sebuah artikel yang disukai oleh Google, hanya cukup membuat artikel yang disukai pembaca.

Sehingga, saat ini beban membuat artikel sebuah blog sebenarnya cukup ringan, cukup abaikan kriteria SEO yang cukup 'njlimet' dan mulailah fokus menulis untuk pembaca manusia.

Comments

Post a Comment

Popular Posts

5 template blogspot toko online terbaik dan gratis

Template blogspot untuk toko online yang terbaik dan gratis sudah banyak bertebaran di internet. Namun kali ini tips SEO terbaik akan membagikan informasi khusus untuk template blogger toko online terbaik sekaligus SEO namun tetap gratis khusus untuk pengunjung blog ini. Pilihan untuk template blogspot toko online banyak sekali, bahkan untuk template blogspot toko online yang gratis pun banyak yang memiliki kualitas seperti halnya template premium alias template berbayar. Informasi mengenai template toko online blogspot gratis ini sengaja dibagikan di blog ini untuk memudahkan anda menentukan pilihan mengenai template yang paling cocok dan sesuai untuk memajang produk-produk anda. Baca tips SEO dan alternatif template toko online terbaru lainnya berikut: Cara submit sitemap terbaru di google webmaster Gratis 9 Template Toko Online Blogspot Full Responsive Semua template yang diinformasikan di sini ada yang memiliki fitur shopping cart dan ada yang tidak sehingga bisa menyesua

Cara Menambahkan Shopping Cart di Template Blogspot

Bagaimana cara menambahkan shopping cart ke template blogspot? Seringkali Tips SEO Terbaik menerima pertanyaan ini. Nah tulisan kali ini akan mencoba memberikan panduan mengenai cara memasang shopping cart ke template blogspot. Shopping cart yang dipasang adalah dengan checkout via paypal. Panduan memasang atau menambahkan shopping cart ke template blogspot ini sebenarnya pernah ditulis oleh Kangismet di blognya blog.kangismet.com.  Script shopping cart sendiri diambilkan dari scriptnya simplecart buatan thewoojogroup.com . Pemakaian SimpleCart.js ini sangat cocok untuk platform blogspot yang tidak menggunakan php. Pemasangannya sebenarnya cukup sederhana. Sebelum membaca lebih lanjut panduan menambahkan shopping cart di template blogspot ini ada baiknya anda melihat dulu live demonya DISINI Berikut panduannya. Memasang Script Shopping Cart di Template Langkah 1. Pastikan template anda sudah memasang  frame works jquery di template anda, jika belum simpan script berik

Memasang Widget Recent Post Berdasar Label dengan Thumbnail Paling Mudah

Sampai saat posting ini diterbitkan, blogspot belum pernah secara khusus dan resmi merelease widget recent post (post terbaru) berdasarkan label. Hanya ada widget recent post berdasarkan posting terbaru dan widget archive yang berisi semua posting. Padahal widget seperti ini sebenarnya cukup banyak dibutuhkan oleh blogger. Khususnya jika memiliki blog yang memiliki topik majalah atau berita. Berikut ini akan Saya bagikan script untuk membuat dan menambahkan widget recent post berdasarkan label. Ada dua tipe yang ingin Saya bagikan. Yang pertama adalah untuk widget recent post label yang memiliki fitur thumbnail dilengkapi dengan judul dan deskripsi posting. Sedangkan yang kedua adalah untuk recent post based label yang hanya menampilkan thumbnail saja. Panduan yang dibagikan di sini sengaja Saya pilihkan yang paling mudah, yaitu cukup memasangnya atau mengcopy script dengan sedikit editing untuk penyesuaian dengan blog Anda, dan memasangnya (Paste) ke dalam widget HTML/Javascri