Skip to main content

Konsep Dasar SEO untuk Pemula

Ketika ada pertanyaan, Apakah SEO itu wajib untuk sebuah situs web? Maka jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Kenapa begitu?

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami disini. Yang pertama adalah mengenai website yang Anda miliki apakah termasuk yang banyak dicari orang melalui mesin pencari (search engine)? Atau kah website Anda termasuk ke dalam topik yang ekslusif, atau untuk kalangan tertentu saja.

Topik ekslusif disini misalnya, Blog Personal, Blog Komunitas, Company Profile, dll.
Jika website yang anda miliki termasuk ke dalam kelompok tersebut, seharusnya tidak lagi dibutuhkan SEO untuk website Anda. Lalu bagaimana cara optimasinya.


Untuk website jenis tersebut yang dibutuhkan adalah promosi melalui sosial media atau iklan berbayar atau dengan media yang lainnya.
Prinsipnya, jika website yang anda miliki ternyata tidak dicari melalui Search engine, maka, lupakan SEO.

Konsep dasar SEO


Di sini Saya akan membahas konsep dasar SEO untuk pemula, tentu saja ini adalah khusus untuk pemilik website yang masuk ke kategori yang pertama, yaitu yang memiliki kata kunci yang banyak dicari melalui mesin pencari.

Sebelum masuk ke bahasan mengenai konsep dasar SEO, ada baiknya kita lebih dulu memahami konsep dari Search Engine itu sendiri.

Mesin Pencari / Search Engine

Saat posting ini diterbitkan, kita mengenal beberapa search engine. Yang paling populer dan terdepan tentu saja Google, kemudian ada Bing, Yahoo, Yandex dari Rusia, Baidu dari China dan banyak lagi mesin pencari lainnya.

Yang harus Anda ketahui, search engine adalah sebuah produk dari sebuah perusahaan. Layaknya sebuah produk, maka, pastinya sang pemilik menginginkan produk tersebut disukai oleh penggunanya. Dengan demikian dipastikan juga bahwa hanya website yang memenuhi kualifikasi berdasarkan algorithma mesin pencari lah yang layak tampil mendapatkan ranking tertinggi. Dalam hal ini ada di halaman pertama dan peringkat teratas dari mesin pencari.

Ringkasnya, pemilik 'produk' search engine akan memberikan 'produk' yang terbaik untuk kepuasan customernya, yang dalam hal ini adalah para pengguna mesin pencari ini.

Ketika Anda sudah paham mengenai hal tersebut, pastinya Anda juga tahu bagaimana kualifikasi website yang seharusnya Anda miliki agar bisa memenuhi standar dari mesin pencari, sehingga layak untuk tampil di halaman pertama, dan bahkan ranking pertama.

Nah, selanjutnya, untuk membuat website Anda memenuhi kualifikasi kelayakan search engine dan menjadi yang terbaik, Saya akan menjelaskan mengenai konsep SEO Dasarnya.

Konsep SEO Dasar

Dari pemahaman mengenai konsep search engine di atas, pada intinya konsep SEO paling mendasar yang harus dipenuhi adalah menjadikan website anda sebagai yang terbaik pastinya dengan kata kunci yang anda targetkan.

Menurut salah satu pakar SEO dan Internet Marketing, agan Darmawan di blognya PanduanIM.com nya ada 4 hal yang harus diperhatikan dari konsep dasar SEO ini. yaitu :
  1. Konten yang disajikan
  2. Struktur dan Navigasi
  3. Kepuasan Pengguna
  4. Popularitas

Jika ada pertanyaan apakah website tanpa SEO bisa sukses, Anda tinggal melihat lagi 4 konsep dasar SEO tersebut dan menerapkannya di website Anda.

Karena saat ini hal itulah yang paling dibutuhkan oleh Search Engine, maka otomatis website yang memakai konsep tersebut akan sukses.

Beberapa artikel mengenai SEO berikut ini setidaknya bisa membantu Anda sedikit memahami mengenai optimasi SEO di website Anda.
  1. Kriteria Blog yang disukai google
  2. Fitur SEO Wajib pada Postingan
  3. Widget SEO Wajib untuk Blogspot
  4. Kesalahan SEO pada Blogger Pemula 
  5. Tips SEO Blogspot Terbaik
Semoga bermanfaat.

Comments

  1. untuk para blogger pemula haruslah sering update2 tips2 dan trik2 kayak gitu dan update terus blog. serta telaten.

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali artikelnya, sukses ya min. Informasinya menarik dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  3. Kalau utk template toko online yg sudah seo friendly, optimasinya gimana gan, sepertinya blm ada yang bahas di internet, rata rata tentang penulisan artikel semua

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

Cara Menambahkan Shopping Cart di Template Blogspot

Bagaimana cara menambahkan shopping cart ke template blogspot? Seringkali Tips SEO Terbaik menerima pertanyaan ini. Nah tulisan kali ini akan mencoba memberikan panduan mengenai cara memasang shopping cart ke template blogspot. Shopping cart yang dipasang adalah dengan checkout via paypal. Panduan memasang atau menambahkan shopping cart ke template blogspot ini sebenarnya pernah ditulis oleh Kangismet di blognya blog.kangismet.com.  Script shopping cart sendiri diambilkan dari scriptnya simplecart buatan thewoojogroup.com . Pemakaian SimpleCart.js ini sangat cocok untuk platform blogspot yang tidak menggunakan php. Pemasangannya sebenarnya cukup sederhana. Sebelum membaca lebih lanjut panduan menambahkan shopping cart di template blogspot ini ada baiknya anda melihat dulu live demonya DISINI Berikut panduannya. Memasang Script Shopping Cart di Template Langkah 1. Pastikan template anda sudah memasang  frame works jquery di template anda, jika belum simpan script berik

5 template blogspot toko online terbaik dan gratis

Template blogspot untuk toko online yang terbaik dan gratis sudah banyak bertebaran di internet. Namun kali ini tips SEO terbaik akan membagikan informasi khusus untuk template blogger toko online terbaik sekaligus SEO namun tetap gratis khusus untuk pengunjung blog ini. Pilihan untuk template blogspot toko online banyak sekali, bahkan untuk template blogspot toko online yang gratis pun banyak yang memiliki kualitas seperti halnya template premium alias template berbayar. Informasi mengenai template toko online blogspot gratis ini sengaja dibagikan di blog ini untuk memudahkan anda menentukan pilihan mengenai template yang paling cocok dan sesuai untuk memajang produk-produk anda. Baca tips SEO dan alternatif template toko online terbaru lainnya berikut: Cara submit sitemap terbaru di google webmaster Gratis 9 Template Toko Online Blogspot Full Responsive Semua template yang diinformasikan di sini ada yang memiliki fitur shopping cart dan ada yang tidak sehingga bisa menyesua

Optimasi Search Engine (SEO) Toko Online Blogspot

Ada beberapa pertanyaan menarik yang pernah atau bahkan sering mampir ke Saya mengenai SEO, khususnya untuk para pengguna blogspot yang memanfaatkannya sebagai toko online. Apakah toko online dengan blogspot bisa berhasil? Bagaimana SEO blogspot untuk toko Online? Apakah SEO Blogspot Toko Online berbeda dengan SEO Toko Online lainnya? dan masih banyak lagi pertanyaan yang serupa dengan 3 pertanyaan di atas, namun poinnya tetap sama yaitu SEO Toko Online Blogspot. Baiklah, kita mulai pembahasannya. Saya akan langsung ke poin-poinnya yang penting saja. Agar tidak melebar kemana-mana. Platform blogspot bisa dibilang memiliki struktur yang sederhana, sehingga cukup mudah bagi para pemula dan terbukti banyak sekali yang memanfaatkan platform ini untuk berbagai tujuan. Meski blogspot awalnya memang hanya bertujuan buat nge-Blog. Bahkan teknik SEO pada blogspot pun sebenarnya juga cukup sederhana. Anda bisa mempelajari dari berbagai sumber, yang memiliki poin yang sama, karen